Kamis, Januari 08, 2009

Pentingnya Berkomunikasi

Kalo menurut buku ini, Men Are from Mars- Women Are from Venus.

Yang artinya kurang lebih : pria dan wanita itu memiliki banyak perbedaan. Seberapa jauh perbedaannya? Yah, kurang lebih sejauh jarak Mars ke Venus lah, hehehe… Jika seorang pria berkata A, bisa jadi yang dia maksudkan memang A. Tapi kalo wanita? Di bibir bilang A, ternyata di hati bilang B. Begitu juga sebaliknya (jadi pria juga pernah-lah bilang IYA padahal maksudnya NGGAK). Pria dan wanita emang memiliki caranya sendiri untuk mengungkapkan isi hati kedalam bentuk ucapan, tulisan dan perbuatan. Dan semua itu akan bisa disaling mengerti-kan jika saja kedua belah pihak mau sama-sama jujur mengungkapkan apa maunya, apa alasannya….

Sering donk, dengerin temen curhat tentang pasangannya (dengan asumsi, pasangannya ini from different sex ya :) , trus buntutnya dia bilang gini,

“Duh… mestinya dia bisa donk ngertiin aku? Masa gitu aja kudu dibilangin?!!”

Sodara-sodara sesama umat manusia, ntah itu mau laki atau perempuan or those in between, KOMUNIKASI ITU PENTING loh!

Kalo memang orang itu ga bisa mengerti makna dibalik tindakan kita, arti dibalik bibir manyun, dan air mata kita, yah ngomong donk, apa mau sebenarnya? Jangan pake kiasan, jangan berharap orang bisa langsung ngerti apa isi hati kita kalo kitanya ga mau terus terang. Contoh kasus :

“Ya kalo kamu ga tau alasan kenapa aku marah, yo wes. Udah ga usah dibahas!”

Yasalam! Secara ya … jarang banget ada orang yang bisa membaca isi hati orang laen, apalagi lawan jenis, jadi komunikasi yang dimaksud itu adalah sesuatu yang bukan cuman diucapin dalam hati doank! Ngomong dong, cerita kalo ada apa-apa yang kurang memuaskan hati. SMS, tulis email/surat, curhat di telpon, apa ajalah yang penting ko.mu.ni.ka.si. Walo tetep yang harus diinget adalah, berkomunikasi-lah secara santun dengan bahasa yang bisa diterima diperadaban anti-barbarian. Hindari kekerasan. Karena kekerasan bukan bagian dari komunikasi.

Tidak ada komentar: