Jumat, April 17, 2009

Jadi boss untuk diri sendiri??

Orang kalo mau kuliah itu, jangan cuma ngebayangin ntar kerja dimana. Tapi kudu juga membekali diri dengan kemampuan : ntar bisa buka lapangan pekerjaan apa? Seenggaknya untuk mempekerjakan diri sendiri (syukur kalo bisa ngerekrut orang laen).

Sebage contoh, kisah nyata tentang Paksi Dewandaru (one of my husband’s best friends) yang lulus dari Elektro bukannya kerja jadi tukang solder di PLN ato di company apaan gitu, malah banting stir jadi wiraswasta. Ga tanggung-tanggung, pengusaha franchise bok :p (ala Baba Rafi gitu ya Paks? Semoga lancar dan barokah usahamu yooo)

Tanya : tapi emang anaknya orang kaya gitu kali dia?
Jawab : ya untuk jadi wiraswasta emang butuh modal. Kadang modalnya gede, kadang kecil. Makanya, kalian-kalian yang ortunya mampu ini, sebaiknya ortu kalian juga menabung untuk modal kerja kalian ntar.

Lha kalo anaknya mau buka usaha sendiri, kan ortunya bisa bertindak jadi penanam modal, asal jgn lupa dibalikin jeh kalo udah BEP :D

Makanya saya dulu niat masuk Sastra Inggris. Selain karena emang niat dan cinta, juga dengan keyakinan : mahasiswa Sastra Inggris mah dari pertengahan kuliah juga udah bisa kerja sampingan : mengajar. Dan saya yakin, mengajar privat bahasa Inggris itu masih akan terus dicari konsumen.

Lagian, ngajar privat mah modal duit transport doang, hehe (selain keberanian dan skill tentunya).Lulus dari Sastra Inggris-pun, kalo punya modal lebih berupa tempat, juga bisa buka kursus’an dirumah.

Jadi, jurusan saya itu emang memiliki kemungkinan yang lebih luas : kerja untuk orang laen bisa, menjadi bos untuk diri sendiri pun bisa. Bukannya saya menyarankan semua masuk Sastra, ga gitu juga.

Balik lagi ke inti postingan ini : persiapkanlah dirimu dengan skill dan modal lain untuk bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri. Lebih baik lagi kalo saat wiraswasta itu, ilmu jaman kuliah masih bisa dipake. Biar kata ntar melenceng pun, asal halal ya ga masalah.


Gicuwww… Jadiiiii… sudah siapkah anda untuk jadi boss bagi diri sendiri?

Tidak ada komentar: